-_IBNU QOYYIM VS IBNU KATSIR RA_-
-Berkata alhafidz IBNU HAJAR RA dlm kitabnya ad durorul kaminah hal 17 juz 1 bab alhamzah:IBROHIM BIN MUHAMAD BIN ABI BAKAR ALJAUZIYAH yg lebih dikenal dgn IBNU QOYIM,diceritakan dari ad dzahabi dlm ALMU'JAM ALMUKHTAS bhw sesungguhnya telah terjadi perselisihan antara IBNU QOYIM dgn IBNU KATSIR dalam masalah mengajar masarakat,maka IBNU KATSIR RA berkata kpd IBNU QOYIM 'engkau benci padaku karena sesungguhnya aku termasuk golongan ASY'ARI!! maka IBNU QOYIM berkata:seandainya dari ujung rambutmu sampai telapak kakimu tumbuh bulu,maka tdk akan ADA mempercayai ucapanmu bhw engkau adalah pengikut ASY'ARI sedangkan gurumu adalah IBNU TAEMIYAH-pent.telah berkata IMAM IBNU ROFI pensyarah alfiyah IBNU MALIK,bhw IBNU KATSIR seorang yg ahli dalam ilmu nahwu dan fiqh mengikuti jalan ayahNYA dan belajar di banyak tempat,dan beliau wafat bulan sofar thn 767 H(ad durorul kaminah 1/19)
*Aqidah IBNU KATSIR RA adalah aqidah ahlusunah wal jamaah al asy'ariyah,dan fakta hal tsbt selain dari tulisan ibnu hajar al asqolani RA di atas,juga bisa di lht dlm ktb-ktb beliau!
* 1-contoh dlm menafsirkan sifat ISTAWA(QS THOHA 5),beliau berkata:آمرارها گما جائت من غير تكييف ولا تشبيه ولا تعطيل و-(الظاهر المتادر آلي آدهان المشبهين منفي عن الله)آنتهي
artinya:bahwa aqidah salaf menjalankan lafad tsbt seperti adanya,dgn tidak takyif,tasybih,ta'til dan (makna dohir yg cepat difahami orang,itu dinafikan dari ALLAH)-pent.
-lht yg dikurung 'IBNU KASIR MENAFIKAN MAKNA DOHIR yang memang mudah terlintas di hati yaitu 'SEMAYAM'.inilah madhab salaf yaitu takwil dgn tidak memberi kaef,tasbih,ta'til dan tdk mengambil makna dohir,mereka tafwid dan diam dlm hal ayat sifat..
*_*tapi coba kita lihat kaum wahabi yg mengaku salafi mereka berkata bahwa istiwa adalah al uluw bil istiqror:diatas dgn menempat,dan mereka menyatakan istiwa haqiqat yaitu dzat yg semayam,ayo bandingkan beda ga? salafi atau salepin??
*2-juga lht tafsir beliau dlm(QS AL IMRON 73):Katakanlah sesungguhnya karunia itu ditangan ALLAH dan diberikan pada siapa yg dikehendakinya'.beliau mentakwil kata TANGAN dgn:آي الآمور كلها تحت تصرفه وهو المعطي المانع يمن من يشاء بالآيمان و العلم و يضل من يشاء فيعمي بصره وبصيرته و يختم علي قلبه و سمعه
artinya:semua urusan di bawah kehendakNYA. ALLAH yg memberi dan menahan,memberi karunia dgn iman dan ilmu bagi siapapun yg dikehendakinya,juga menyesatkan siapapun dgn dibutakan matahatinya dan ditUtup PENDENGARANNYA,DAN DIKUNCI HATINYA-PENT.
*-3-JUGA LIHAT DALAM KITAB ALBIDAYAH WA NIHAYAH KARANGAN BELIAU,BAGAIMANA BELIAU TELAH MENYAMPAIKAN PENDAPAT IMAM AHMAD BIN HAMBAL YG MENTAKWIL AYAT:DAN TELAH DATANG ROBBMU(ALFAJR 22),DGN 'INAHU JA'A SAWABUH:SESUNGGUHNYA TELAH DATANG PAHALANYA',DAN ALBAIHAQI MENGATAKAN ISNAD TDK BERDEBU(SOHEH)(ALBIDAYAH JUZ 10/354)
*TAPI ORANG2 SALAFI MENGATAKAN BAHWA TAKWIL ADALAH MUATTIL..huACHIHH..
-WA SOLALLOHU ALA SAYIDINA MUHAMMAD WA ALA ALIHI WA SOHBIHI WA SALAM-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar